Materi Informatika

 MATERI INFOMATIKA KELAS X

Berpikir Komputasional

1.      Pola Berpikir

a.      Konsep Ide/Gagasan

b.      Teknik Memetakan Ide

c.      Konsep Algoritma

2.      Pernyataan dan Logika Preposisi

3.      Logika Matematika

4.      Metode Penalaran

5.      Logika Penalaran Inferensi

6.      Logika Konversi Bilangan

a.      Bilangan Biner

b.      Bilangan Desimal

c.      Bilangan Heksadesimal

7.      Berpikir Algoritmik

Teknologi Informasi dan Komunikasi

1.      Mahir Microsoft Word

2.      Terampil Microsoft Excel

3.      Presentasi dengan Powerpoint

4.      Komunikasi Daring

a.      Sinkron (serempak) / real time (chatting, teleconference)

b.      Asinkron (tidak serempak) (email)

5.      Teknologi Cloud

6.      Teknik Grafis dan Video Editing

Sistem Komputer

1.      Gerbang Logika

2.      Mikrokontroller

a.      Fungsi

b.      Arsitektur ATmega328P

c.      Arduino

3.      Organisasi dan Arsitektur Komputer

a.      Konsep Organisasi Komputer

b.      Arsitektir Komputer

4.      Perangkat Keras Komputer

a.      Internal

·   Mainboard

·   CPU

·   Memori

1.      ROM

2.      RAM

·   Power Supply

b.      Eksternal

·   Port Input/Output (I/O)

1.      Fisik

a.      USB

b.      Serial

c.      Ethernet

2.      Service

·   Input Device

1.      Mouse

2.      Trackball

3.      Touchpad

4.      Keyboard

5.      Scanner

·   Output Device

1.      Monitor

2.      Speaker

3.      Printer

4.      Plotter

·   Penyimpanan

1.      Harddisk

2.      Flashdisk

3.      Disk Drive

a.      ROM

b.      RW

·   Perangkat INput/Output

1.      NIC

2.      Modem

5.      Perangkat Lunak Komputer

a.      Operating System

b.      Software Aplikasi


Jaringan Komputer dan Internet

1.      Teknologi Jaringan Komputer

a.      Prinsip Kerja

b.      Manfaat

c.      Transmisi Data

·   Simplex

·   Half Duplex

·   Full Duplex

d.      Metode Transmisi Data

·   Transmisi Paralel

·   Transmisi Serial

e.      Teknik Transmisi Data

·   Baseband

·   Broadband

f.       Jenis Jaringan

·   PAN

·   LAN

·   MAN

·   WAN

g.      Jaringan berdasarkan kecepatan

·   Low Speed Network (<1Mbps)

·   Medium Speed Network (1-20Mbps)

·   High Speed Network (20-100Mbps)

·   Super High Speed Network (upto 1Gbps)

2.      Komponen Jaringan

a.      Server

b.      NIC

c.      Kartu Jaringan (LAN/Wireless)

d.      Hub

e.      Switch

f.       Router

g.      Access Point

h.      Modem

i.       Media Transmisi

·   Guide Media

1.      Coxial

2.      UTP

3.      STP

4.      Fiber Optic

·   Unguided Media

1.      Infrared

2.      Bluetooth

3.      Microwave

4.      Satelit

3.      Protokol Jaringan

a.      Model DoD

b.      Model OSI

4.      IP Address

a.      Bilangan Komputer

b.      IP V4

c.      IP V6

d.      IP Public

e.      IP Private

5.      Topologi Jaringan

a.      Pertimbangan

·   Biaya

·   Kecepatan

·   Lingkungan

·   Ukuran

·   Konektivitas

b.      Jenis Topologi

·   Bus

·   Ring

·   Star

·   Mesh

·   Tree

6.      Menggunakan Layanan Jaringan

a.      Mengkonfigurasi IP Address

b.      Mengkoneksikan laptop dengan hotspot

c.      Mengakses Internet

d.      Mengaktifkan Proxy

e.      Mengaktifkan VPN

f.       Sharing Data

g.      Remote Server

h.      Upload Download via FTP

i.       ICS / Tethering


Algoritma dan Pemrograman

1.      Mengenal Bahasa Pemrograman

2.      Struktur Penulisan

3.      Tipe Data dan Variabel

4.      Mengolah input data sederhana melalui keyboard

5.      Jenis Operasi

6.      Srtuktur Kontrol dan Percabangan

7.      Struktur Kontrol dan Perulangan

8.      Method

9.      Array

 Analisis Data

1.      Konsep dan Jenis Analisis Data

a.      Pengertian Analisis Data

b.      Jenis Data

1.      Berdasarkan Sifat

·        Data Kualitatif

·        Data Kuantitatif

2.      Berdasrkan skala pengukuran

·        Data Nominal

·        Data Ordinal

·        Data Interval

·        Data Rasio

3.      Berdasarkan Sumber

·        Data Primer

·        Data sekonder

4.      Berdasarkan Bentuk dan Penyimpanannya

·        Analog

·        Digital

2.      Metode Analisis Data

3.      Analisis Data Statistik

4.      Metode Pengolahan Data

5.      Pengolahan Database

6.      Proteksi Data Digital


Dampak Sosial Informatika

1.      Perkembangan Teknologi Komputer

2.      Kewargaan Digital

3.      Dampak Positif

4.      Dampak Negatif

5.      Lisensi Karya Cipta Digital

6.      HKI

a.      Commercial License

b.      Open Source License

c.      Trial License

Praktik Lintas Bidang

1.      Identifikasi Masalah

2.      Mendesain Sistem

3.      Menulis Kode Program

4.      Compile dan Testing

5.      Implementasi dan Update

6.      Training dan Sosialisasi

Posting Komentar