Materi Dasar Desain Grafis


Aspek Pengetahuan
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
3.10 Menerapkan  manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
3.11 Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)

Aspek Keterampilan
4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB.
4.3 Menerapkan hasil prinsip- prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
4.4 Menempatkan berbagi format gambar
4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor
4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama