Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan


Aspek Pengetahuan
3.1 Memahami sikap dan perilaku wirausahawan
3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
3.3 Memahami hak atas kekayaan intelektual
3.4 Menganalisis konsep desain/prototype dan kemasan produk barang/ jasa
3.5 Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
3.6 Menganalisis lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
3.7 Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa
3.8 Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
3.9 Menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa
3.10 Menganalisis perencanaan produksi massal
3.11 Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal
3.12 Menerapkan proses produksi massal
3.13 Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa
3.14 Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
3.15 Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
3.16 Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
3.17 Menentukan media promosi
3.18 Menyeleksi strategi pemasaran
3.19 Menilai perkembangan usaha
3.20 Menentukan standard laporan keuangan

Aspek Keterampilan
4.1 Memresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan
4.2 Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
4.3 Memresentasikan hak atas kekayaan intelektual
4.4 Membuat desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa
4.5 Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
4.6 Membuat lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
4.7 Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa
4.8 Membuat prototype produk barang/jasa
4.9 Menguji prototype produk barang/jasa
4.10 Membuat perencanaan produksi massal
4.11 Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi missal
4.12  Melakukan produksi massal
4.13 Melakukan perakitan produk barang/jasa
4.14 Melakukan pengujian produk barang/jasa
4.15 Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional
4.16 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
4.17 Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar
4.18  Melakukan pemasaran
4.19  Membuat bagan perkembangan usaha
4.20 Membuat laporan keuangan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama