Materi Sistem Komputer



Aspek Pengetahuan

3.1 Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal)
3.2 Menganalisis relasi logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter)
3.3 Menerapkan operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder,
Ripple Carry Adder)
3.4 Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
3.5 Menerapkan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema
rangkaian  elektronika)
3.6 menerapkan dasar dasar mikrokontroler
3.7 Menganalisis blok diagram dari sistem mikro komputer (arsitektur komputer)
3.8 Mengevaluasi Perangkat Eksternal / Peripheral
3.9 Menganalisis memori berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas, kecepatan,
cara akses, tipe fisik)
3.10 Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU

Aspek Keterampilan

4.1 Mengkonversikan sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal) dalam
memecahkan masalah konversi
4.2 Merangkai fungsi gerbang logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR);(NOR,NAND,EXOR,EXNOR);
melalui ujicoba (Flip Flop, counter)
4.3 Mempraktikkan operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
4.4 Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit
(Multiplexer, Decoder, Register)
4.5 Mempraktikkan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)
4.6 manipulasi dasar-dasar mikrokontroler (port IO, clock, arsitektur RISK, general purpose RISK, stack pointer, SRAM,
EEPROM, SREG)
4.7 Menyajikan gambar minimal sistem mikro komputer berdasarkan blok diagram dan sistem rangkaian (arsitektur
computer)
4.8 Merangkai perangkat eksternal dengan consule unit
4.9 Membuat alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem computer
4.10 Menyajikan Rangkaian internal CPU

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama